Ketentuan Umum:
1. Peserta harus berusia di atas 18 tahun atau memenuhi batasan usia yang ditetapkan oleh penyelenggara;

2. Peserta merupakan mahasiswa/i aktif kampus Pariwisata diseluruh Indonesia;

3. Peserta wajib mendaftar secara online yang disediakan oleh penyelenggara. Setiap informasi yang diberikan harus benar dan akurat;

4. Lomba ini tidak memungut biaya pendaftaran dari peserta;

5. Peserta harus mengumpulkan ide bisnis sebelum batas waktu pendaftaran ditutup pada tanggal 5 Mei 2025;

6. Ide bisnis yang diajukan harus menjadi hasil karya asli peserta. Plagiat atau penggunaan ide yang telah diajukan sebelumnya akan mengakibatkan
diskualifikasi;

7. Keputusan penyelenggara adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat;

8. Perwakilan tim peserta wajib bergabung dalam WhatsApp Group. (Akan diundang ke grup Oleh Admin Grup)

Ketentuan Khusus:

1. Peserta mengajukan ide bisnis pada bidang Kuliner, Fashion, Kriya, Aplikasi Digital, dan Jasa Pariwisata;
2. Peserta lomba terbuka untuk individu dan tim dengan anggota tim maksimal 3 (tiga) orang;
3. Ide bisnis harus disusun dalam format sebagai berikut:

  1. Salam Pembuka
  2. Latar Belakang
    • Apa masalah atau peluang bisnis yang anda temukan?
    • Gambaran umum tentang industri atau pasar yang akan anda tuju.
    • Statistik atau data pendukung.
  3. Solusi
    • Deskripsi produk atau layanan  anda.
    • Bagaimana produk atau layanan anda akan memecahkan masalah yang ada?
    • Keunggulan unik dari produk atau layanan anda.
  4. Model Bisnis
    • Bagaimana anda akan menghasilkan pendapatan?
    • Strategi harga dan penjualan.
    • Rencana pemasaran dan distribusi.
  5. Analisis Pasar
    • Siapa target pasar anda?
    • Analisis pesaing.
    • Potensi pertumbuhan pasar.
  6. Rencana Operasional
    • Bagaimana produk atau layanan Anda akan diproduksi atau disediakan?
    • Kebutuhan sumber daya manusia dan teknologi.
    • Rencana rantai pasokan.
  7. Rencana Keuangan
    • Proyeksi pendapatan dan biaya.
    • Rencana investasi awal.
    • Proyeksi laba rugi dan aliran kas.
  8. Milestones dan Timeline
    • Target jangka pendek dan jangka panjang.
    • Milestone kunci dalam pengembangan bisnis.
    • Rencana waktu untuk mencapai setiap milestone
  9. Kesimpulan
    • Ringkasan dari poin-poin kunci yang telah dibahas.
    • Tindakan selanjutnya yang diharapkan dari para pendengar.
    • Pertanyaan dan diskusi.
  10. Kontak
    • Informasi kontak anda untuk pertanyaan lebih lanjut.
    • Undangan untuk berdiskusi lebih lanjut setelah presentasi.
  11. Tanya Jawab
    • Luangkan waktu untuk menjawab pertanyaan dari audiens.
    • Berikan penjelasan tambahan jika diperlukan.

4. Pengumuman pemenang akan dilakukan sesuai jadwal pelaksanaan lomba.

Teknis Pelaksanaan Lomba:

  1. Pendaftaran Peserta:
    • Melakukan pendaftaran secara online melalui G.form resmi dari panitia https://forms.gle/Kb7yNbjkrwm57Ueq6
    • Memvalidasi data peserta yang mendaftar dan memastikan kelengkapan informasi yang diberikan.
  2. Pengumpulan Ide Bisnis:
    • Batas waktu pengumpulan ide bisnis pada tanggal 5 Mei 2025 melalui tautan pendaftaran yang dapat diakses pada https://forms.gle/Kb7yNbjkrwm57Ueq6;
    • Mengirimkan ide bisnis melalui platform yang ditentukan yaitu pada tautan pendaftaran;
    • Memastikan bahwa ide bisnis yang masuk telah sesuai dengan format yang ditentukan dan tidak melewati batas waktu yang telah ditetapkan.
  3. Penilaian Ide Bisnis:
    • Terdapat 2 juri yang terdiri dari para ahli di bidang terkait;
    • Mengatur sesi presentasi secara hybrid.
  4. Pengumuman:
    • Pengumuman pemenang 1, 2, dan 3 akan diumumkan pada hari yang sama pada pelaksanaan perlombaan.

Pelanggaran dalam Lomba:

  1. Plagiat atau Pencurian Ide:
    • Ide bisnis bukan merupakan hasil karya asli peserta;
    • Menggunakan materi yang telah dipublikasikan oleh orang lain tanpa izin atau pengakuan.
  2. Ketidakpatuhan terhadap ketentuan lomba:
    • Melewati batas waktu pengumpulan ide bisnis;
    • Memberikan informasi yang tidak benar atau tidak akurat pada saat pendaftaran.

  3. Perilaku Tidak Etis:
    • Memanipulasi hasil atau mencoba untuk mempengaruhi juri secara tidak adil;
    • Mengganggu peserta lain atau menyebarkan informasi palsu terkait lomba.

Venue

Peserta